pertanian

pertanian
selamat bekerja

Rabu, 12 September 2012

DESA MANDIRI— Sektor Pertanian Pegang Peran Penting dan Strategis


DESA MANDIRI— Sektor Pertanian Pegang Peran Penting dan Strategis

Oleh  on Tuesday, 11 September 2012
FOTO: ISTIMEWA
Sektor Pertanian
JAYAPURA– Walikota Jayapura Benhur Tommy Mano mengatakan, sektor pertanian merupakan sektor yang strategis dan memegang peran penting dalam perekonomian nasional.
Hal itu dikatakannya saat memberikan sambutan pembukaan pelatihan teknik budidaya tanaman sayuran dan penyerahan bantuan biaya program desa Mandiri Pangan, serta bantuan modal produksi pertanian kepada petani di Kota Jayapura, Selasa.
Untuk itu, Tommy Mano mengatakan dalam perencanaan pembangunan perekonomian Kota Jayapura ke depan, sektor pertanian tetap akan menjadi program prioritas.
Dia menjelaskan, Pertanian memiliki peran penting dalam perekonomian, karena kontribusi sektor tersebut terhadap penyediaan pangan bagi masyarakat selalu menjanjikan.
“Kemudian kontribusi pertanian terhadap lapangan dan kesempatan kerja juga sangat besar, ditambah dengan dapat berpengaruh dalam pengentasan masyarakat dari kemiskinan,” katanya.
Walikota mengatakan, untuk meningkatkan sektor tersebut Penyuluhan pertanian sebagai bagian yang integral dari pembangunan pertanian, pada hakekatnya merupakan salah satu upaya pemberdayaan petani untuk meningkatkan produktivitas, pendapatan dan kesejahteraan.
“Pemkot akan terus berupaya mewujudkan kualitas pertanian, melalui berbagai kegiatan penyuluhan,”katanya Selain itu, kata dia, pemerintah juga berupaya meningkatkan kualitas perekonomian dan SDM petani yang berwawasan lingkungan sekaligus memperkuat hak-hak adat dalam rangka memberdayakan masyarakat kampung.
Dana bantuan desa Mandiri Pangan diberikan kepada tiga Gabungan kelompok tani (Gapoktan) dari kampung Tobati, Koya Koso, dan Koya Tengah. Setiap kampung mendapatkan Rp100 juta untuk usaha budidaya pertanian peternakan dan perikanan di tiap kampung, yang bertujuan meningkatkan ketahanan pangan. (Ant/Juanda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar