Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, menargetkan pertumbuhan ekonominya tahun 2013 mencapai 11,60 persen dengan memacu sektor pertaniannya.

"Untuk memacu pertumbuhan ekonomi maka pemerintah kabupaten Mamuju akan bersinergi dengan pemerintah di Sulbar memacu sektor pertanian," kata Bupati Mamuju, Suhardi Duka di Mamuju.

Sektor pertanian ini diandalkan untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang mencapai 10,59 persen pada 2011 dan mengharapkan mencapai 11,51 persen pada 2012.

"Untuk mencapai itu maka sektor pertanian tetap diandalkan dengan memanfaatkan program perluasan areal pertanian di sulbar yang mencapai 25.000 hektare yang akan dimanfaatkan pemerintah di Mamuju dengan baik dengan menyiapkan lahannya mendukung program itu," katanya.

Menurut dia, sektor pertanian di Mamuju akan menjadi sektor andalan memacu pertumbuhan ekonomi Mamuju karena di Mamuju telah terdapat lahan pertanian padi paling luas di sulbar mencapai 24.000 hektare dengan tingkat produksi padi sekitar 127.000 hektare.

Sehingga ia berharap pemerintah di sulbar juga menyambut niat baik pemerintah di Mamuju yang ingin daerahnya menjadi sentra produksi beras di Provinsi Sulbar dengan memberikan berbagai program di bidang pertanian lainnya.

Ia mengatakan, selain mengandalkan sektor pertanian pemerintah di Mamuju selama ini telah membuat kebijakan yang melakukan pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk membuat pertumbuhan ekonomi daerahnya semakin merangkak naik.

"Pemkab Mamuju lebih berkonsentrasi untuk melakukan pembinaan usaha sektor UKM hingga ke desa-desa, dan itu juga akan memacu tumbuhnya sektor pertanian melalui agro bisnis pedesaan," katanya.

(KR-MFH)
Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2012