Cara Sholat Dhuha – Sholat Dhuha adalah sholat sunah yng dilakukan oleh seluruh umat muslim setelah terbit matahari sampai menjelang masuk waktu zhuhur. Lebih bagus dan lebih tepat jika dilakukan pada pagi hari disaat matahari sedang naik ( kira-kira jam 9.00 ).
Cara Sholat Dhuha umat muslim untuk memohon dan meminta rizki yng halal dari Allah, Sholat Dhuha dilaksanakan dalam minimal dua rakaat dan maksimal dua belas rakaat, dilakukan secara Munfarid (tidak berjamaah).
Cara Sholat Dhuha
Cara Sholat Dhuha:
*) Niat didalam hati berbarengan dengan Takbiratul Ihram
“Usholli sunnatadhuha rak ‘ataini mustaqbilal qiblati ada al lillaahi ta’aala”
Artinya :
“Aku niat shalat sunah Dhuha 2 rakaat karena Allah”
*) Membaca doa Iftitah
*) Membaca surat al Fatihah
*) Membaca satu surat didalam Alquran.Afdholnya rakaat pertama surat Asysyams dan rakaat kedua surat Allail
*) Ruku’ dan membaca tasbih tiga kali
*) I’tidal dan membaca bacaanya
*) Sujud pertama dan membaca tasbih tiga kali
*) Duduk diantara dua sujud dan membaca bacaannya
*) Sujud kedua dan membaca tasbih tiga kali
*) Setelah rakaat pertama selesai, lakukan rakaat kedua sama seperti cara diatas, kemudian Tasyahhud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali. Rakaat-rakaat selanjutnya dilakukan sama seperti contoh diatas.
Doa setelah Sholat Dhuha:
“Allaahumma innad dhuha dhuhaauka, wal-jamaala jamaaluka, wal-qudrota qudratuka, wal-’ishmata ‘ishmatuka. In kaana rizqii fil-ardhi fa akhrijhu, wa in kaana fissamaa’i fa anzilhu, wa in kaana haraaman fa thahhirhu, bi haqqi dhuhaaika wa jamaalika wa qudratika, ya Allah”.
Artinya:
Ya Allah, sesungguhnya masa pagi ini adalah masa pagiMU, keindahan ini adalah keindahanMU, kuasa ini adalah kekuasaanMU, kenyamanan ini adalah kenyamananMU. Seandainya rizki saya tersembunyi di dalam bumi maka keluarkanlah, jika di langit turunkanlah, jika haram bersihkanlah, berkat kesejatian masa pagiMU, keindahanMU, dan kekuasaanMU, ya Allah.
Hadits Rasulullah saw mengatakan tentang keutamaan Shalat Dhuha, di antaranya:
1. Sedekah bagi seluruh persendian tubuh manusia
2. Ghanimah (keuntungan) yang besar
3. Sebuah rumah di surga
4. Memeroleh ganjaran di sore hari
5. Pahala Umrah
6. Ampunan Dosa
Semoga sedikit info dari berita terkini mengenai cara sholat dhuha ini dapat bermanfaat bagi temam-teman semua. Semoga amal dan ibadah kita bisa di terima oleh yang maha kuasa. Amin